Flicker Images

Home » » . Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding (PMT-70)

. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding (PMT-70)

Posted by CB Blogger


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena proses belajar mengajar yang kompleks dalam kehidupan. Dan semuanya itu akan membutuhkan satu inovasi baru yang mampu menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Sebab seiring bergantinya zaman, maka kebutuhan yang diperlukan juga akan berubah. Oleh karena itu, membutuhkan terobosan baru yang dapat sesuai dengan konteks zamannya. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding adalah adanya kesan negatif terhadap pelajaran matematika  dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Quantum teaching adalah cara mengubah belajar yag meriah dengan segala nuansanya. Quantum teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. Dalam pokok bahasan himpunan ini peneliti mengunakan model pembelajaran quantum teaching  sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum teaching ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan.

Yang menjadi fokus  penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran quantum teachingsiswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan  tahun ajaran 2010/2011? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa dalam model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun ajaran 2010/2011?
Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun ajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dalam model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini mengunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan.  Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa kelas VIIC MTs Negeri Aryojeding. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, sarana dan prasarana sekolah, strukur organisasi.
Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun penerapan pembelajaran meliputi:1) Tumbuhkan, pada awal kegiatan pembelajaran pengajar berusaha menumbuhkan/mengembangkan minat siswa untuk belajar. Dengan tumbuhkan minat, siswa akan sadar manfaatnya kegiatan pembelajaran bagi dirinya atau bagi kehidupannya. 2) Alami, proses pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mengalami secara langsung atau nyata materi yang diajarkan. 3) Namai, saatnya untuk mengajarkan konsep, ketrampilan berpikir, dan strategi belajar. 4) Demonstrasikan, memberi peluang untuk siswa menerjemahkan dan menerapkan pengetahuan mereka ke dalam pembelajaran lain atau ke dalam kehidupan mereka. 5) Ulangi, proses pengulangan dalam kegiatan pembelajaran dapat memperkuat koneksi saraf dan menumbuhkan rasa tahu atau yakin terhadap kemampuan siswa. 6) Rayakan, pemberian penghormatan pada siswa atas usaha, ketekunan, dan kesuksesannya. Sedangkan untuk hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir. Pada proses belajar mengajar hasil observasi menunjukan keterlibatan siswa dan pembelajaran pada level tinggi siswa menjadi termotivasi dalam belajar, pengetahuan yang diperoleh siswa bukan semata-mata dari guru tetapi juga melalui keterlibatan dari siswa. dan menumbuhkan sikap positif dalam diri diswa seperti kerjasama dan menghargai pendapat teman orang lain. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peneliti 86,6%, aktivitas siswa 89,3%, dan aktivitas kelompok 82,638% masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 96,1%, aktivitas siswa 98%, dan aktivitas kelompok 90,27% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I masuk dalam kategori baik yaitu 81, untuk siklus II masuk dalam kategori baik yaitu 85,54.
Kelebihan model pembelajaran quantum teachingadalah suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan dengan segala nuansanya, dengan didukung adanya media pembelajaran, musik serta sarana yang menunjang. Model pembelajaran quantum teaching ini tidak hanya untuk matematika saja dalam penggunaannya, tetapi juga dapat diterapkan dalam pembelajaran lain.    
Sedang kekurangannya adalah pada saat diadakannya presentasi kelompok siswa akan ramai, keadaan ini kadang akan mengganggu kelas lain dalam kegiatan belajar mengajar.
Dari kelebihan dan kelemahan model pembelajaran ini, sudah sepatutnya kita mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna mengembangkan kompetensi yang kita miliki dan kreatifitas peserta didik kita.


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Post

Label

. Teka Teki Logika Akrivitas Anak. Teka Teki Akrivitas Anak. Teka Teki Logika Akrivitas Anak. Teka Teki Matematika Aktivitas Perkembangan Balita Aktivitas anak Analogi Gambar Anda Bertanya Kami Menjawab Asuransi Bacaan Anak Balita Bermain Bermain dengan bayi Bermain sambil belajar Bidpai Biologi Brain Facts Brain Fitness Cat buatan sendiri Ceria Anak. Cerita rakyat Sulawesi Tenggara Cerita Rakyat Tibet Cerita Inspirasional Cerita Rakyat India Cerita Rakyat Jawa Barat Cerita Rakyat Jawa Timur Cerita Rakyat Jerman Cerita Rakyat Korea Cerita anak Cerita anak. Fabel Aesop Cerita rakyat Nepal Demokrasi Dongeng Ekonomi Fabel Aesop Fakta tentang Otak Filsafat Funny Kid Sayings Gambar Global Warming Google HAKI HAM Harga diri Hukum Hutan Ibu Baru Ide kreatif kamar anak Iseng Islam KIsah Inspirasi Kebugaran otak Kecerdasan Emosional Kecerdasan Logika-Matematika Kecerdasan Visua-Spasial Kecerdasan Visual Spasial Kesehatan Kisah Nasrudin Hoja Komputer Komunikasi Ortu dan Anak. Ketrampilan Orang Tua Koperasi Korupsi Kutipan Matematika Itu Gampang Maze. teka teki Mengenal Emosi Menggambar Langkah demi Langkah Mitologi Plus Nutrition facts Origami Pajak Pancasila Parenting Hacks Parenting Quotation Pemasaran Penelitian Pengetahuan Perkembangan Bayi Permainan Acak Kata Permainan besama bayi Pers Politik Polusi Psikologi Puzzle Quotaion Quotation Quotations Resep SEO Sosial Spot the difference Statistik Sudoku Sudoku untuk Anak Teja Teki Logika Teka Teki Teka Teki Angka Teka Teki Koin Teka Teki Logika Teka Teki Nama Kota Teka teki Matematika Teka teki korek api Teka-Teki Teka-Teki huruf Teki Teki Korek Api Tip Kehamilan Tip Orang Tua Anak Remaja Tip Parenting Tip Parenting Singkat Tip Rumah Tangga Tip keamanan anak Tips Mengubah Perilaku anak Tips Parenting Tips Parenting Balita Tips Parenting Lee Kuan Yew Tips Praktis Tips anak belajar Tips anak merengek. anak merengek Tips perawatan bayi Tips perilaku anak Trivia Tutorial Blog Wirausaha affiliate bayi menangis belajar menggambar buku kami cerita rakyat Kalimantan Tengah guest post hosting ilmu jQuery kecerdasan bahasa kecerdasan visual-spasial kutipan tentang ayah kutipan tentang ibu mata kuliah maze membaca untuk bayi membangun harga diri mp3 permainan angka sudoku poem produk kami public reltion puisi sejarah sambas slider teka teki Hewan template tips tips untuk orang tua tokoh inspiratif traffic video wordpress