Flicker Images

Home » » Pengertian dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat

Pengertian dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat

Posted by CB Blogger

Pembahasan Mengenai Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat












Menurut E.B. Tylor, Pengertian Kebudayaan adalah suatu kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum dan adat istiadat, serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Dengan kata lain, kebudayaan mencakup semua yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif. Perilaku yang normatif ini mencakup segala cara-cara atau pola-pola berpikir, merasakan dan bertindak.

Pengertian Kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebendaan yang bersifat kebudayaan yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.

Menurut Ralph Linton, Pengertian Kebudayaan ialah suatu garis-garis pokok mengenai perilaku yang menetapkan peraturan-peraturan mengenai apa yang seharusnya dilakukan, apa yang dilarang dan lain sebagainya.

Kebudayaan dimiliki oleh setiap masyarakat, namun perbedaannya terletak pada kebudyaan masyarakat yang satu lebih sempurna daripada kebudayaan masyarakat lain, di dalam perkembangannya untuk memenuhi segala keperluan masyarakatnya. Untuk kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi disebut dengan peradaban (civilization).


Selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi kebudayaan bagi masyarakat di bawah ini.



| Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat |

Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Berbagai macam kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggota-anggotanya seperti kekuatan alam, maupun kekuatan-kekuatan lainnya di dalam masyarakat itu sendiri tidak selalu baik baginya. Selain itu, manusia dan masyarakat memerlukan juga kepuasaan, baik di bidang spiritual maupun materiil. Kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut di atas unutk sebagai besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Dikatakan sebagian besar karena kemampuan manusia terbatas, sehingga kemampuan kebudayaan yang merupakan hasil ciptaannya juga terbatas di dalam memenuhi segala kebutuhan.

Fungsi kebudayaan pada hakikatnya adalah untuk mengatur agar manusia dapat mengerti satu sama lainnya, bagaimana manusia bertindak dan bagaimana manusia itu berbuat untuk kebaikan bersama. Jadi pada initinya kebudayaan ini sebagai cerminan kehidupan manusia, jika suatu masyarakat memegang teguh kebudayaannya maka akan tercipta kehidupan yang harmonis.

Sekian pembahasan mengenai pengertian kebudayaan dan fungsi kebudayaan bagi masyarakat, semoga tulisan saya mengenai pengertian kebudayaan dan fungsi kebudayaan bagi masyarakat dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat :

- Soerjono Soekanto, 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar
Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Post

Label

. Teka Teki Logika affiliate Akrivitas Anak. Teka Teki Akrivitas Anak. Teka Teki Logika Akrivitas Anak. Teka Teki Matematika Aktivitas anak Aktivitas Perkembangan Balita Analogi Gambar Anda Bertanya Kami Menjawab Asuransi Bacaan Anak Balita Bermain bayi menangis belajar menggambar Bermain dengan bayi Bermain sambil belajar Bidpai Biologi Brain Facts Brain Fitness buku kami Cat buatan sendiri Ceria Anak. Cerita rakyat Sulawesi Tenggara Cerita Rakyat Tibet Cerita anak Cerita anak. Fabel Aesop Cerita Inspirasional Cerita Rakyat India Cerita Rakyat Jawa Barat Cerita Rakyat Jawa Timur Cerita Rakyat Jerman cerita rakyat Kalimantan Tengah Cerita Rakyat Korea Cerita rakyat Nepal Demokrasi Dongeng Ekonomi Fabel Aesop Fakta tentang Otak Filsafat Funny Kid Sayings Gambar Global Warming Google guest post HAKI HAM Harga diri hosting Hukum Hutan Ibu Baru Ide kreatif kamar anak ilmu Iseng Islam jQuery Kebugaran otak kecerdasan bahasa Kecerdasan Emosional Kecerdasan Logika-Matematika Kecerdasan Visua-Spasial Kecerdasan Visual Spasial kecerdasan visual-spasial Kesehatan KIsah Inspirasi Kisah Nasrudin Hoja Komputer Komunikasi Ortu dan Anak. Ketrampilan Orang Tua Koperasi Korupsi Kutipan kutipan tentang ayah kutipan tentang ibu mata kuliah Matematika Itu Gampang maze Maze. teka teki membaca untuk bayi membangun harga diri Mengenal Emosi Menggambar Langkah demi Langkah Mitologi Plus mp3 Nutrition facts Origami Pajak Pancasila Parenting Hacks Parenting Quotation Pemasaran Penelitian Pengetahuan Perkembangan Bayi Permainan Acak Kata permainan angka sudoku Permainan besama bayi Pers poem Politik Polusi produk kami Psikologi public reltion puisi Puzzle Quotaion Quotation Quotations Resep sejarah sambas SEO slider Sosial Spot the difference Statistik Sudoku Sudoku untuk Anak Teja Teki Logika Teka Teki Teka Teki Angka teka teki Hewan Teka Teki Koin Teka teki korek api Teka Teki Logika Teka teki Matematika Teka Teki Nama Kota Teka-Teki Teka-Teki huruf Teki Teki Korek Api template Tip keamanan anak Tip Kehamilan Tip Orang Tua Anak Remaja Tip Parenting Tip Parenting Singkat Tip Rumah Tangga tips Tips anak belajar Tips anak merengek. anak merengek Tips Mengubah Perilaku anak Tips Parenting Tips Parenting Balita Tips Parenting Lee Kuan Yew Tips perawatan bayi Tips perilaku anak Tips Praktis tips untuk orang tua tokoh inspiratif traffic Trivia Tutorial Blog video Wirausaha wordpress